JAKARTA COFFEE WEEK 2019

Jakarta Coffee Week adalah salah satu ajang yang paling ditunggu penikmat dan penggiat kopi di Indonesia. Acara tahun ini berlangsung pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2019. Mengusung semangat Coffee is Kindness yang mengajak kita semua untuk merayakan kebaikan kopi bagi sesama, alam, dan diri sendiri.

 

SCOPI kembali berpartisipasi dengan membuka Pasar Kopi. Ini adalah hasil kerjasama dengan para Anggota dan Mitra yang memfasilitasi kehadiran para petani binaannya yang berasal dari berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia. Sebanyak 28 petani dari 9 provinsi di Indonesia yang merupakan daerah kerja SCOPI yaitu Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTT, dan Papua. Kegiatan ini adalah bentuk edukasi untuk petani binaan agar  mendapatkan informasi mengenai apa yang diinginkan konsumen, sekaligus berinteraksi langsung dan diharapkan membentuk kemitraan dengan para pembeli kopinya.

 

Acara lain yang menarik minat pengunjung adalah demo D.I.Y (Do It Yourself) tentang pembuatan sabun batangan dan bath bombs dari ampas kopi. Bagi mereka yang tertarik untuk mencicip cita rasa kopi disediakan juga kegiatan cupping yang dilakukan sebanyak 5 sesi dalam kurun waktu 3 hari. Pengunjung dipersilahkan memilih kopi favorit mereka yang nantinya akan dinobatkan sebagai People Choice Cup sedangkan pilihan Q-Grader sebagai Cup of Awesomeness. Pada akhir acara, setelah melalui proses penjurian, Bpk. M. Yusuf dari Sumatera Selatan dengan biji kopi arabica full-washed terpilih sebagai pemenang Cup of Awesomeness dan Bpk. Benny Herfikaroza dari Jambi dengan biji kopi honey Kerinci sebagai pemenang People Choice Cup.

 

Berbagai lokakarya dan diskusi juga diselenggarakan untuk membahas berbagai masalah yang erat kaitannya dengan industri kopi dari hulu ke hilir seperti “Living Income untuk Petani Kopi” bekerjasama dengan Fairtrade Indonesia, diskusi tentang “Perubahan Iklim”  dan “Membuat kopi berkelanjutan menarik untuk sektor swasta” yang bekerjasama dengan Rikolto, serta “Strategi inovatif mendorong ekspor kopi yang bernilai tambah” bekerjasama dengan GAEKI dan JIPREMIUM.

Comments are closed.

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.