Paramita Mentari Kesuma

Direktur Eksekutif

Paramita Mentari Kesuma, SE, B.Comm, MM memiliki pengalaman professional dan berorganisasi di bidang manajemen program strategis, stakeholders engagement, manajemen administrasi dan proyek, serta isu pembangunan berkelanjutan di lintas sektor (swasta, organisasi nirlaba dan pemerintah).

Mentari telah berperan sebagai Asisten Utama Kepala Badan Restorasi Gambut RI (BRG), sebagai konsultan dari CLUA/UNDP/UNOPS. Sebelumnya, Mentari telah bekerja di WWF-Indonesia, Deloitte Indonesia, Bank Indonesia (magang) dan sebagai voluntir untuk kegiatan Rumah Sehat Garut dan Koperasi Asgar Alam Sejahtera.

Mentari pernah memperoleh gelar “Miss Indonesia Earth-Water 2008” dan bekerja dengan Miss Indonesia Earth Foundation. Ia juga pernah memenangkan titel “None Favorit Jakarta Kabupaten Kepulauan Seribu 2005” dan bekerja dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, ia pernah menjadi presenter acara TV “Jejak Petualang” di Trans7 TV, sebuah acara eco-travel.

Mentari memperoleh gelar Master of Management in Applied Finance dari BINUS Business School (Jakarta, Indonesia) dan double-degree Bachelor of Commerce & Sarjana Ekonomi dari Curtin University of Technology (Perth, Australia) dan BINUS International University (Jakarta, Indonesia). Ia juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh dari Singapore International Foundation dan Methodist Girls' Secondary School (Singapura).

BINUS University memberikannya penghargaan BINUS Leadership Excellence Award 2011. Selain itu, ia juga menjadi LEAD Foundation Fellow 2010 untuk Green Economy. Beberapa pengalaman organisasinya mencakup, terpilih sebagai Vice President BINUS University Student Committee dan Social Secretary of the Junior Common Room Committee di Nanyang Girls' Boarding School. Pada tahun 2014, Mentari menerbitkan buku pertamanya berjudul "Menyingkap Cahaya Mentari", sebuah buku motivasi Islami yang diterbitkan oleh Rausyan Fikr Press.

Selain gemar berpetualang bersama kedua buah hatinya, Mentari gemar melakukan scubadive, travelling, menulis, melukis dan fotografi.

 


follow me