Jadikan Petani Kopi Lebih Profesional

MAJALENGKA- Salah satu biji kopi yang diproduksi oleh petani kopi di wilayah Lemahsugih, saat ini tengah naik daun di kalangan para penikmat kopi.

Agar para petani dapat memenuhi permintaan pasar yang mulai melonjak tersebut, Fakultas Pertanian Unma memberikan pelatihan kepada para petani kopi di Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih, Jumat (29/6).

Pelatihan agribisnis kopi ini bekerjasama dengan sustainable coffee of platform Indonesia (SCOPI), OJK (otoritas jasa keuangan) Kantor regional 2 Jabar, Bank bjb ini bertujuan menjadikan petani kopi yang profesional dalam agribisnis kopi ini.

Dekan Faperta Unma Dr Sri Ayu Andayani MP mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh 30 petani kopi, menghadirkan para narasumber di bidang pertanian dan agribisnis agar para petani mendapatkan pelatihan yang dapat membuka peluang bisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani kopi dan perekonomian daerah.

“Para penikmat kopi saat ini tengah menjadikan kopi Lemahsugih sebagai buah bibir karena rasanya yang unik. Nah, petani kopi Lemahsugih harus bersiap dalam menangkap peluang ini, mereka harus bisa memenuhi keinginan pasar dengan menghadirkan kualitas serta kuantitas produksi biji kopi yang baik. Jadi bisa mendapat keuntungan dari bisnis pertanian ini,” kata Ayu.

Oleh sebab itu, pihaknya juga berupaya agar petani kopi mendapatkan materi seputar industri keuangan yang dapat diakses oleh petani kopi dari OJK serta tentang kredit keuangan mikro dan transaksi keuangan melalui laku pandai dari bank.

Hal ini diharapkan menjadi modal dan bekal para petani untuk berkembang lebih baik lagi usahanya.

Para petani yang ikut pelatihan agribisnis kopi ini juga mendapatkan materi dari SCOPI mengenai pengenalan kelembagaan SCOPI, pelatihan cuping dan pelatihan panen. Yang juga dihadiri Dinas Pertanian dan BPP Lemahsugih. Serta dipandu moderator dari akademisi Fakultas Pertanian Unma Dinar SP MP dan Umar Dani SP MP.

“Kami juga menggandeng SCOPI karena mereka bisa mempromosikan dan meningkatkan kemitraan pihak swasta dalam komoditas kopi untuk mendapatkan peluang ekononi bagi petani, meningkatkan ketahanan pangan dan keberlanjutkan,” imbuhnya. (azs)

 

Sumber: Berita ini diposting oleh Radarcirebon.com di link “https://www.radarcirebon.com/jadikan-petani-kopi-lebih-profesional.html”

Share

Leave comment

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.