Master Trainer Camp 2018

Salah satu upaya yang dilakukan oleh SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) untuk memajukan perkopian Indonesia dan meningkatkan pendapatan petani adalah dengan melakukan pendidikan dan pelatihan tentang kopi untuk petani secara berkelanjutan melalui program Master Trainer SCOPI.

Untuk mengawal produktivitas kopi nasional, Kementerian Pertanian RI bersama stakeholders kopi juga berupaya memaksimalkan SDM tenaga pendamping petani. Master Trainer (MT) adalah kader petani dan penyuluh pertanian/perkebunan yang telah dilatih oleh SCOPI bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian RI. Bahan pelatihan yang digunakan adalah Nasional Kurikulum Kopi Berkelanjutan Robusta (NSC-R) yang diluncurkan pada bulan Mei 2016 dan Arabika (NSC-A) yang diluncurkan pada bulan Agustus 2017.

Master Trainer Camp (MT Camp), merupakan upaya lanjutan dari SCOPI untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan dari MT tentang Budidaya Kopi Berkelanjutan (GAP) dan Penanganan Pasca Panen dengan maksud agar peran MT dalam memberikan pelatihan pada petani lebih efektif dan terarah serta membekali MT agar mampu mengatasi tantangan perkopian Indonesia saat ini dan yang akan datang.

Selain itu kegiatan MT Camp juga bertujuan untuk:

  • Melakukan refleksi metode dan strategi pelatihan MT kepada petani
  • Melakukan review dan evaluasi terhadap Nasional Kurikulum Kopi Robusta dan Arabika
  • Memberikan semangat kebersamaan sekaligus mengasah kemampuan MT melalui beberapa kegiatan seperti “Cerdas Cermat MT“
  • Diskusi dan pembelajaran dengan para ahli antara lain tentang sustainability, organisasi petani, akses pasar, citarasa, dan lain-lain.
  • Inspirasi bisnis dengan berpartisipasi di acara Coffee and Art bersama Ngopi Saraosna oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Menyusun program MT 2018-2019

Peserta MT Camp adalah Master Trainer SCOPI yang aktif melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap petani serta yang telah mengirimkan laporan pelaksanaan kegiatan ke SCOPI. SCOPI akan mengundang narasumber ahli pada kegiatan MT Camp diantaranya adalah tim ahli dari Kementerian Pertanian RI, WidyaIswara, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, para ahli di bidang perubahan iklim, perhutanan sosial dan perbenihan, bidang organisasi petani dan sertifikasi, bidang akses pasar dan pembiayaan, serta bidang citarasa dan pengolahan kopi.

Kegiatan MT Camp akan dilaksanakan pada tanggal 7-12 Mei 2018, bertempat di Villa Puntang Jaya – Cimaung, Kabupaten Bandung dan Gedung Sate Bandung.

Share

Leave comment

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.