Panduan Fokus melalui ToC – Theory of Change

Sejak didirikan pada tanggal 31 Maret 2015, SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) telah menerapkan berbagai program termasuk membuat kurikulum nasional kopi berkelanjutan untuk mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan petani kopi, terutama di 15 provinsi penghasil kopi di Indonesia .

Guna mendukung dan memantapkan langkah organisasi, SCOPI membuat ToC sebagai panduan untuk  melaksanakan program-programnya sehingga memiliki target yang jelas, terarah dan terukur. Dengan adanya ToC ini tentunya sangat membantu langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menentukan kegiatan dan program mana saja yang perlu menjadi fokus SCOPI jangka panjang maupun jangka pendek, serta melihat sejauh mana pencapaian visi misi SCOPI.

ToC yang dihasilkan merupakan hasil workshop yang diadakan sebanyak tiga kali dengan melibatkan stakeholder yang diwakili oleh para Board dan ditutup dengan paparan kepada Anggota SCOPI melalui “Pertemuan Kerja Anggota Tahunan”.

Keterlibatan stakeholder ini sangat penting untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam menentukan strategi atau roadmap SCOPI 2018-2021. SCOPI akan mengambil peran yang lebih strategis sebagai fungsi Convener, Enabler, dan Knowledge Management untuk menghasilkan dan menyebarluaskan informasi serta kegiatan perkopian di Indonesia.

Peranan SCOPI yang lebih strategis tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan implementasi NSC melalui peningkatan kapasitas MT, dan memfasilitasi petani terhadap pengetahuan yang lebih intensif mengenai perkopian yang lebih sustainable, sehingga membukakan pintu untuk menuju satu langkah yang lebih baik terhadap masa depan perkopian di Indonesia.

 

Share

Leave comment

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.