Pasar Kopi Trade Expo Indonesia 2017

 

Tangerang, Banten — Kementerian Perdagangan Republik Indonesia kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di International Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE-BSD), Tangerang, Banten. SCOPI turut meramaikan ajang promosi tahunan berskala internasional yang menampilkan produk dan jasa Indonesia berorientasi ekspor ini. Selama lima hari, mulai dari 11 hingga 15 Oktober 2017, SCOPI mengulang kesuksesan konsep “Pasar Kopi” sebagai area khusus yang menghadirkan para petani kopi dari beberapa daerah penghasil kopi nasional.

Pasar Kopi SCOPI kali ini mendatangkan enam belas mitra kelompok taninya yang berasal dari lima provinsi di Indonesia untuk memasarkan berbagai kualitas kopi beras dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli yang datang. Beberapa pembeli internasional yang akan melanjutkan negosiasi berasal dari Italia, Mesir, Pakistan, Belanda. Pembeli lokal lainnya merupakan pengusaha kopi sangrai, kedai kopi atau café atau eksportir nasional.

Total 1.175 kilogram kopi Arabika dan 706 kilogram kopi Robusta terjual selama acara digelar. Nilai transaksi total mencapai 170 jutaan. Kopi Sinergi Kayo dari Jambi berhasil menjual kopi paling banyak, diikuti oleh Kopi Raung dari Ijen. 

Selain memfasilitasi interaksi kelompok tani dan pengusaha kopi nasional, terdapat demo sangrai,  cupping dan seduh (brewing) kopi yang dihadirkan pada Pasar Kopi ini. Pasar Kuliner dan acara bincang “Kopi untuk Kesehatan” pun turut menyemarakkan kegiatan Pasar Kopi SCOPI selama TEI 2017.

Demo sangrai dipandu oleh Harwoto dari Anomali Kopi. Kegiatan cupping dimulai dari hari kedua hingga terakhir TEI 2017 (12 – 15 Oktober 2017) turut melibatkan Q Grader Mimi Alawiyah dari Anomali Kopi untuk memberi pengetahuan mengenai observasi rasa kopi kepada tiga puluh dua peserta dan pengunjung Pasar Kopi. Diperkirakan lebih dari lima ratus cangkir kopi disediakan selama acara Pasar Kopi melalui Demo Praktik Penyeduhan (Brewing) Kopi yang difasilitasi oleh sekolah kopi ABCD Coffee. 

Share

Leave comment

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.