Penerapan Kurikulum Nasional Berkelanjutan dan Monitoring Evaluation

SCOPI telah menunjukkan komitmennya terhadap masa depan perkebunan kopi di Indonesia dengan memberikan pelatihan bagi Master Trainer untuk melatih petani lokal tentang cara mempraktikkan “Praktek Budidaya yang baik dan Pasca Panen”, dan menerapkan perkebunan kopi yang berkelanjutan. Untuk menjaga kualitas serta standar prosedur, SCOPI telah melaksanakan evaluasi pemantauan dengan mengukur kemampuan Master Trainer sembari memberikan pelatihan bagi petani. Evaluasi pemantauan ini juga digunakan sebagai alat untuk mengukur efektivitas kurikulum nasional yang telah dibuat,  berapa banyak petani yang dilatih secara efektif dan berapa banyak dari mereka yang telah menerapkannya.

SCOPI melakukan kegiatan pemantauan dan refleksi untuk melihat dampak dan keberlanjutan implementasi kurikulum yaitu “Kurikulum Nasional dan Manual Pelatihan Berkelanjutan Kopi Robusta (NSC -R) dan Arabika (NSC-A)”, yang akan terus disempurnakan untuk meningkatkan kapasitas Master Trainer. Program ini telah dimulai sejak tahun 2016, dan pada tahun kedua pelaksanaan program ini ada banyak pengalaman dan pelajaran menarik yang dapat diambil dari Master Trainer yang bersama dengan Mitra mereka secara langsung maupun tidak langsung melakukan pelatihan dengan menggunakan kurikulum ini untuk melatih petani dan petani kader.

Selain itu, untuk mengukur tingkat keberhasilan dan melihat kemajuan kegiatannya, SCOPI juga menggunakan alat pemantauan melalui metode “Teori Perubahan – TOC”, di mana salah satu pengukuran kegiatannya difokuskan pada perubahan perilaku setiap pemangku kepentingan yang ada di setiap tingkat hasil.

 

Share

Comment on "Penerapan Kurikulum Nasional Berkelanjutan dan Monitoring Evaluation"

  1. Yosep sudarso

    Ok.petani kami di kabupaten manggarai perlu di suport juga oleh pemerintah darerah terkait dgn pembibitan, peralatan budidaya seperti mesin rorak, mesin potong rumput dan peralatan pascapanen

Leave comment

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.