Ribuan Petani Kopi Dibekali Keahlian

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news – Pemerintah Kota Pagaralam menjalin kerjasama dengan Sustainable Coffee Platformn Of Indonesia (SCOPI). Hal ini untuk memberikan pelatihan dan keahlian bagi ribuan petani kopi di Kota Pagaralam.

Wali Kota Non Aktif, Ida Fitriati Basjuni menuturkan, ‎kopi merupakan komuditi andalan Kota Pagaralam. Untuk itulah, pihaknya menjalin MoU dengan SCOPI untuk meningkatkan kualitas kopi di Kota Pagaralam.

Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan bagi ribuan petani di Kota Pagaralam agar lebih ahli dalam mengelola kebun kopi.

“Kerjasama ini telah kita lakukan. Kita berharap SCOPI bisa memberikan pemahaman bagi petani agar dapat mengelolah lahan dengan baik dan benar sehingga hasil yang didapatkan berkualitas,” ungkap Ida, kepada GLOBALPLANET.news.

Upaya pelatihan ini, kata Ida, cukup banyak dilakukan untuk petani. Manfaat pelatihan ini juga akan dirasakan petani itu juga. Untuk itulah, ketika ada pelatihan petani bisa mengikutinya dengan baik sehingga dapat dipraktekan di lapangan.

“Bagi petani yang lebih dulu mendapatkan pelatihan, untuk jadi pelatih bagi petani lain. Kita berharap, ilmu yang diberikan SCOPI bisa bermanfaat bagi petani,” ujarnya.

Intinya, tambah Ida, petani harus bisa menambah hasil produksi dengan sistem stek. Kemudian, ketika panen buah kopi harus matang dengan warna merah. Dalam kondisi itu, kualitas kopi sangat bagus. Jangan seperti selama ini buah yang masih hijau tetap dipanen.

“Kalau buahnya merah, ketika dipanen hasilnya akan kuning mengkilap. Sementara, buah hijau dan muda maka hasilnya akan hitam sehingga tidak enak minum setelah diolah menjadi bubuk kopi,” tandasnya.

 

Sumber: Artikel ini telah diliput oleh Yayan Darwansyah selaku reporter dan editor Agus Rizal. Dipublikasikan oleh website Globalplanet.news pada link “http://www.globalplanet.news/berita/5752/%E2%80%8Eribuan-petani-kopi-dibekali-keahlian

 

Share

Leave comment

Berlangganan Newsletter Kami

Daftarkan email anda untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari kami.