Pemerintah Kabupaten Jayawijaya Kembali Gelar Pelatihan untuk Petani Kopi

Indonesiaberita.com, JAYAWIJAYA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua semakin intens dalam usaha pengembangan pertanian kopi rakyat agar mampu meningkatkan produktivitasnya. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya, Hendri Tetelepta mengatakan, “Kami sangat mendukung kegiatan ini dan berharap ke depannya ada sinergi yang baik dari berbagai pihak yang memiliki tujuan yang sama dengan kami.” Pelatihan untuk petani kopi yang dilaksanakan pada tanggal 4-6 Juli 2018 ini, bekerjasama dengan SCOPI (Sustainable Coffee Platform Indonesia) dan Pokja Papua sebagai fasilitator. Sebagaimana pada pelatihan sebelumnya yang dilakukan di Bulan November 2017, kegiatan ini merupakan lanjutan Tahap II. Kali ini kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di kabupaten yang masuk dalam wilayah adat Lapago ini melibatkan 29 petani kader dari distrik Jagara dan 25 petani dari Distrik Wolo.

 

Diharapkan dari kader-kader petani kopi yang dilatih ini dapat membentuk kelompok-kelompok tani yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi dan mutu dari kopi arabika di Papua yang sudah dikenal akan keunikan citarasanya. Sedikit berbeda dengan pelatihan Tahap I, kali ini Pokja Papua selain melibatkan SCOPI yang mengirimkan Master Trainer-nya, juga mendatangkan ahli kopi dari Puslitkoka (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao) untuk melakukan verifikasi agar mendapatkan satuan ukur yang tepat sehingga sasaran pelatihan pertama dan kedua bisa tepat sasaran.

 

Sinergi dari berbagai pihak ini juga menggandeng Bank Mandiri dan BUMN lainnya seperti Garuda Indonesia, PT Pos, PT RPN yang turut mendukung pengembangan pertanian kopi rakyat di Papua. “Kami berharap Pokja Papua bersama SCOPI bisa terus mendampingi para petani kopi di Kabupaten Jayawijaya,” ujar Hendri Tetelepta. Editor : Jum

 

Sumber: Artikel ini telah ditulis oleh ASA dan dipublikasikan di Indonesiaberita.com pada link “https://www.indonesiaberita.com/2018/07/04/pemerintah-kabupaten-jayawijaya-kembali-gelar-pelatihan-untuk-petani-kopi/”

Share this Post