Petani dan Pengusaha Kopi Pagaralam Ramai-ramai ke Lampung

RMOL. Telah terjalin kerjasama Pemkot Pagaralam dalam hal ini Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati dengan Subtainable Coffee Platform Indonesia (SCOPI).

Menindaklanjut itu hari ini bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kota Pagaralam, sebanyak 41 petani kopi dan pelaku usaha agrobisnis dilepas berangkat ke Provinsi Lampung. Mereka akan mengikuti pelatihan di Kota Bandarlampung.

Para peserta pelatihan yang didampingi pendamping dinas, dilepas Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam Jumaldi Jani.  Jumaldi  pun berpesan agar semua peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut kerjasama dengan SCOPI yangn dilakukan langsung oleh walikota,” ujar dia, Jumat (29/9).

Dia juga menyebutkan, kopi yang merupakan komoditi unggulan Kota Pagaralam harus dikembangkan dan dimajukan agar lebih dikenal luas.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta bisa membuat kopi Pagaralam lebih baik lagi dalam hal kualitas, pengolahannya,” ujar Jumaldi.

Ditambahkan Kabid Perkebunan  Piterman, para peserta merupakan petani dan pelaku usaha agrobisnis yang mengikuti pelatihan di Kota Malang tahun lalu.  Adapun agenda kunjungan pelatihan ini peserta akan mengikuti pemaparan mengenai Refleksi Penerapan Nasional Kurikulum Kopi Robusta,  Paparan Program Master Trainer, dan Sharing Pengalaman. Selanjutnya dilakukan praktik lapangan didampingi SCOPI di area perkebunan kopi di Kabupaten Tanggamus.

“Jika tidak ada halangan menghadiri Pameran Peringatan Hari Kopi Internasional di Hotel Novotel, Bandar Lampung,” katanya. [ida] 

 

 

Sumber: Artikel ini hasil laporan dari Delta Handoko yang dipublikasikan kantor berita RMOL Sumsel pada link “http://www.rmolsumsel.com/read/2017/09/29/79534/Petani-dan-Pengusaha-Kopi-Pagaralam-Ramai-ramai-ke-Lampung-“

Share this Post