Bali Sustainable Coffee Forum for Disaster Recovery 2021

Halo #PejuangKopi! Ada kabar gembira nih! Bulan September ini telah dibuka dengan kegiatan SCOPI di Bali. 

Sejak pandemi masuk ke Indonesia, perekonomian Bali yang sangat bergantung pada sektor pariwisata sangat terpukul. Hal tersebut juga berdampak pada industri kopi di Bali, khususnya bagi para petani kopi dan aktor di sektor kopi Bali. Selain itu, beberapa daerah di Bali juga rentan terhadap bencana longsor.  Hal ini mendorong perlunya penyelarasan kebijakan Pemerintah dan sumber daya, serta merangkul para pemangku kepentingan untuk meningkatkan keberlanjutan perekonomian lokal dan mengarusutamakan konsep Tata Kelola Pemulihan Bencana (Disaster Recovery Management)  guna memitigasi risiko bencana di masa depan. BNPB telah merekomendasikan pendekatan rantai nilai komoditas kopi untuk mendorong tata guna lahan yang dapat meningkatkan sumber penghidupan masyarakat, ketahanan masyarakat terhadap bencana, serta memitigasi bencana alam yang disebabkan hidrometrologi.

Untuk itu @scopi_id dengan dukungan SIAP SIAGA, bekerjasama dengan @bnpb_indonesia dan Pemerintah Provinsi Bali menyelenggarakan Bali Sustainable Coffee Forum for Disaster Recovery 2021 pada tanggal 3 September 2021 lalu. Kegiatan diadakan secara fisik dan virtual, dengan batasan jumlah orang dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Dari forum ini, para #PejuangKopi di Provinsi Bali telah berhasil dikumpulkan untuk pertama kalinya. Berbagai masukan dan pandangan telah diperoleh dan akan disampaikan sebagai masukan terhadap BNPB dan Pemerintah Provinsi Bali. Kita doakan dan dukung ya supaya kegiatan ini dapat berkesinambungan melalui kolaborasi kerja untuk keberlanjutan kopi di Bali.

 

Share this Post