Purnama Graha

Staff Bagian Umum dan Operasional

Purnama Graha merupakan seorang penggiat lingkungan di bidang konservasi Herpetofauna dan terapan meteorologi alumni Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebelum bergabung dengan Sekretariat SCOPI, Purnama telah berpengalaman bekerja selama tiga tahun. Pada tahun 2018, ia bergabung di Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia, sebuah badan ad-hoc yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo di tahun 2016, sebagai staf Kedeputian Bidang Penelitian dan Pengembangan. Di sana ia bertanggungjawab untuk mempersiapkan rancangan anggaran untuk perjalanan dinas, menyusun pelaporan dan berkoordinasi dengan dinas-dinas Pemerintah terkait, universitas, LSM dan kelompok masyarakat. Sebelumnya, Purnama bekerja sebagai Observer Analisis Beban Kerja di PT. Angkasa Pura 2 (Persero), Surveyor Tatabatas di PT. Humus Benua Energi, dan Surveyor Herpetofauna di Pusat Studi Reklamasi Tambang IPB.

Purnama mendapatkan gelar Sarjana Sains IPB dalam bidang Meteorologi Terapan dengan keahlian tambahan Sistem Informasi. Selain itu, Purnama juga telah aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Unit Kegiatan Mahasiswa Uni Konservasi Fauna (UKF) IPB dengan peran antara lain menjadi Ketua Tim Peneliti Herpetofauna Ekspedisi Global UKF IPB di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten (2014), menjadi pendamping Tim Peneliti Herpetofauna (2015-2017), Ketua Tim Peneliti Herpetofauna Ekspedisi Batas Negeri UKF IPB di Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Ranai, Kepulauan Riau (2015), Kepala Divisi Herpetofauna UKF IPB (2016), dan Ketua Diklatsar Anggota Baru (Metamorfosa XV) UKF IPB (2016), Ketua Divisi Dana Usaha pada kegiatan UKF IPB, serta Ketua Pelaksana Fieldtrip Oseanografi IPB (2014). Selain itu, Purnama juga telah menjadi pemateri herpetofauna di Kegiatan Sekolah Alam Tarasalvia (2016), pemateri herpetofauna di kegiatan upgrading anggota Sioux Yayasan Ular Indonesia (2016), dan pemateri Pendidikan lingkungan Gibbon Research IPB (2016).

Purnama sangat senang menghabiskan waktunya untuk melakukan perjalanan ke berbagai tempat ekowisata atau Taman Nasional. Selain menikmati pemandangan bentang alamnya, Purnama sangat senang untuk melakukan pengamatan Satwa Liar (terutama jenis – jenis Herpetofauna). Hobi lainnya yaitu dalam kegiatan otomotif pada kendaraan roda dua Vespa.


follow me